Udang Vanamei


Selain ditanami pohon kelapa, lahan yang dimiliki oleh masyarakat digunakan sebagai tambak. Tambak yang berpotensi yaitu tambak udang. Udang yang di budidayakan adalah jenis udang vanamei. Jenis udang ini merupakan jenis unggulan, harga jualpun sungguh menggiurkan paling mahal yaitu Rp. 90.000/kg dan paling murah yaitu Rp. 50.000/kg. Ada yang unik dalam proses pemanenan udang, yaitu salah satu warga yang ingin memanen udangnya dilakukakn secara gotong royong tanpa imbalan. Usia pemanenan udang yaitu dua bulan.
Jumlah seluruh lahan untuk tambak udang mencapai 80 hektare. Tambak udang menyebar diseluruh dusun. Letak tambak di sebelah selatan desa. Adapun tambak udang berada di pinggir pantai. Jika tambak yang ada di sebelah selatan desa hanya sebuah tanah yang dibuat kolam sdangkan tambak yang berada dipinggir pantai biasanya diberi alas terpal. Tambak yang ada dipinggir pantai adalah tambak buatan. Tambak udang diberi kincir untuk membuat sirkulasi air, kincir digerakkan oleh generator.

Kendala yang dialami oleh petambak udang adalah penyakit atau virus yang selama ini menyerang udang. Jika udang sudah erserang penyakit maka udang harus dipanen lebih awal sehingga harga udang turun. Selama ii masih belum ada cara pencegahan penyakit. 

Comments

Popular posts from this blog

Cemara Udang dan Bonsai

Sejarah dan Asal-Usul Desa Lapa Taman