Profil Desa Lapa Taman

Terletak di Kabupaten Sumenep membuat salah satu desa ini masih menyimpan budaya yang tetap lestari. Terletak sekitar 4 Km dari kecamatan Dungkek dan kurang dari 29 Km dari Kabupaten Sumenep ke arah timur. Secara geografis daerah pelayanan terletak disebelah selatan Laut Jawa, yakni antara 113 0 31`54’’ BT – 116 O 16’48’’ BT dan diantara 4055’’LS - 7024’LS.  Lapa Taman, menjadi salah satu desa yang menyimpan berbagai keistimewaan. Terbagi atas 4 Dusun, yaitu Dusun Bakong, Dusun Timur, Dusun Tengah dan Dusun Pangkalan. Desa Lapa Taman menjadi salah satu desa yang masih terletak dipedalaman. Dari pusat kota bisa ditempuh selama ± 1 jam dengan kendaraan.
Batas Desa Lapa Taman adalah sebagai berikut :
1.      Utara   : berbatasan langsung dengan Laut Jawa,
2.      Selatan :  berbatasan  dengan Desa Bumpenang,
3.      Timur   : berbatasan dengan Desa Lapa Daya
4.      Barat   : berbatasan dengan Desa Lombang (kec. Batang - Batang) 
Secara topografi wilayah ini dibagi menjadi dua yaitu daerah dengan tingkat kemiringan 30% – 60%. Daerah berbukit meliputi areal seluas 6,44 km2 atau sebanyak 10.16%. sedangkan daerah sisanya areal dengan luas 56,91 km2 atau 89.84% merupakan wilayah dengan tingkat kemiringan 30% atau termasuk daerah landai. Tanah yang ada di Desa Lapa Taman merupakan tanah berpasir yang berbatasan langsung dengan pantai. Daerah ini meliputi aral seluas 16.79 km2 atau seluas 26.51% dan tanah merah seluas 46.55 km2 atau sebanyak 73.49% dari luas wilayah desa. terletak di Indonesia yang dilewati garis katulistiwa membuat desa ini juga memiliki iklim tropis. Pada musim hujan terdapat lebih seikit curah hujan daripada musim kemarau. Dalam jangka waktu satu tahun curah hujan rata – rata adalah 1469 mm. Di Desa Lapa Taman masih aman dari bencana alam ataupun masalah pertanian dan perkebunan. Namun masalah yang sering dihadapi adalah penyakit pada udang yang membuat udang harus dipanen lebih awal.

Desa lapa taman menyimpan berbagai macam potensi. Beberapa potensi yang menjadi unggulan adalah kelapa, udang vanamei, bonsai cemara udang. Dengan potensi yang dimiliki Desa Lapa Taman seharusnya menjadi desa yang bisa diunggulkan di Kecamatan Dungkek. Tak hanya potensi pertanian dan perikanan namun dari segi pariwisata desa Lapa Taman memiliki beberapa pariwisata yang seharusnya akan membantu perekonomian masyarakat sekitar. Beberapa keunggulan desa Lapa Taman sampai sekarang belum bisa membawa perubahan signifikan bagi masyarakatnya. Beberapa hal menjadi alasan terkendalanya potensi desa sampai sekarang masih belum bisa diketahui oleh masyarakat sekitar Madura atau luar Madura. 

Comments

Popular posts from this blog

Cemara Udang dan Bonsai

Sejarah dan Asal-Usul Desa Lapa Taman

Pengembangan Potensi Desa