Perikanan dan Laut

Di dukung dengan letak geografis Desa Lapa Taman yang terletak di ujung Dungkek, Sumenep membuat desa Lapa Taman memiliki pantai yang eksotis. Perairan laut di Desa Lapa Taman masuk kedalam perairan laut jawa wilayah laut desa lapa taman menjadi jalur penyeberangan antar pulau, yaitu pulau jawa dan kalimantan.
Para nelayan mengambil ikan disekitar laut Sumenep. Mereka mencari ikan dimulai dari pukul 03.00 dan pulang pukul 18.00. namun waktu tersebut tidak menetap, jika cuaca mendukung maka bisa sampai 1 hari penuh untuk mencari ikan. Namun faktor hasil tangkapan adalah yang paling utama. Jika tangkapan mereka banyak, mereka akan cepat kembali ke rumah lebih awal. Namun jika hasil kurang mereka akan terus menari hingga hasil tangkapan yang di dapat dirasa cukup. Mereka menggunakan sampan atau perahu kecil untuk melaut sehingga tidsk berani jauh untuk menangkap ikan.
Ikan yang mereka tangkap adalah ikan kerapu, kakap, namun tidak untuk kakp merah karena kakap merah sulit di dapat. Hasil yang mereka dapat biasanya dijual langsung. Harga kakap/ kantong yaitu 45 ribu rupiah.Nelayan desa lapa taman tidak menangkap ikan pindang ataupun tongkol karena alt yang digunakan berbeda. Nelayan yang menangkap ikan tongkol biasanya menggunakan legung pursin yaitu perahu dengan ukuran besar. Legung pursin bisa menampung 15 orang dengan hasil tangkapan. Sedangka perahu yang digunakan nelayan Desa Lapa Taman adalah sampan dengan ukuran 5-6 meter x 1 meter. jenis perahu yang kecil dan hanya bisa dinaiki 2 orang beserta hasil tangkapan.
Seperti yang dilakukan salah satu nelayan desa Lapa Taman yaitu Warno. Dia melaut dari pukul 04.00 – 08.00 pagi. Ketakutan akan ombak dan kedalam laut tidak ia hiraukan. Terus melaut dan paling penting kembali ke darat dengan selamat serta membawa hasil. Dengan prinsip melaut “di laut menagkap ikan itu menakutkan namun ada yang lebih ditakuti lagi yaitu lapar”. Tidak ada yang dimakan oleh keluarganya adalah hal yang paling ditakuti. Menjadi tulang punggung keluarga membuatnya harus bekerja keras. Namun dia tidak menggunakan cara yang ilegal, menangkap ikan dengan cara tradisional dan legal adalah yang ia lakukan setiap kali melaut.

A.    Pantai
Pantai Lapa Taman merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah di kecamatan dungkek , belum lengkap rassanya jika berkunjung atau membahas lapa taman tanpa membahas pula pantainya, pantai yang terletak di dusun bakong desa lapa taman memiliki air yang jernih dan bersih, ditambah lagi dengan deretan pohon kelapa dan cemara udangnya yang menjadi ciri khas pantai tersebut nan ombak yang menawan membuat suasana pantai semakin mempesona.
 







Pantai Desa Lapa Taman
Selain keindahan pamoramanya pasir yang lembut kecoklatan  juga ada hamparan tambak udang sepanjang perjalanan menuju pantai yang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang memandangnya,pantai ini juga dekat dengan wisata pantai “gili iyang”yang menjadi daya tersendiiri bagi wisatawan yang datang, bagi warga lokal bissa menyewakan perahu untuk penyebrangan ke pulau –pulau terdekat dengan harga yang relatif murah.
Jika pengunjung yang tidak ingin menyembrang juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan duduk bersantai atau berfoto, keistimewaan lain bisa liat matahari terbit ddan tenggelam dari satu tempat yang sama dengan menawarkan warna khas yang anggun.

Namun yang menjadi salah satu kendala mungkin masyarakat setempat belum mampu untuk mengembangkan wisata pantai yang ada untuk dijadikan salah satu destinasi wisata supaya bisa menunjang pertumbuhan perekonomian desa dan daerah setempat.

Comments

Popular posts from this blog

Cemara Udang dan Bonsai

Sejarah dan Asal-Usul Desa Lapa Taman