Pendidikan Lapa Taman

Untuk menentukan tingginya taraf hidup sebuah wilayah tidak hanya diukur dari penghasilan, banyaknya harta ataupun sumber daya alam. Namun pendidikan menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan tingginya taraf hidup suatu daerah. Dari empat kabupaten yang ada di pulau madura, semuanya masuk ke dalam kabupaten dengan taraf hidup yang rendah dan termiskin. Pendidikan menjadi faktor yang masih minim dalqm meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Selain alam yang masih bersih dari polusi, desa lapa taman juga di anugerahi penerus bangsa yang memiliki optimisme yang tinggi, terutama dalam dunia pendidikan. Dari tahun ke tahun pendidikan semakin maju, banyak dari para siswa yang masih optimis untuk melanjutkan pendidikan tinggi ataupun memiliki cita – cita yang tinggi tidak hanya sekedar menikah di usia muda.
Kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anakanya menjadi hal terpenting. Mereka lebih sadar akan pendidikan meakipun tetap memegang adat istiadat yaitu menjodohkan anak di usia yang masih sangat muda. Meskipun dengan fasilitas yang sangat minim dan jauh dari sekolah-eekolah yng ada di perkotaan namun mereka (pelajar) tetap bersemangat untuk menuntut ilmu.
Jumlah  sekolah yang ada di Desa Lapa Taman adalah 4 Sekolah dasar sederajat, 1 Madrasah Tsanawiyah, dan 1 Madrasah Aliyah. Tidak semua sekolah yang ada di  desa ini adalah sekolah dari pemerintah atau sekolah negeri. Ada sekolah yang memang didirikan oleh yayasan. Kondisi sekolah tidak semuanya memadahi banyak fasilitas yang belum lengkap dan tidak layak. Seperti fasilitas olahraga yang masih minim, kamar mandi, buku pelajaran dan perustakaan. Bahkan ada juga dalam satu ruangan digunakan untuk dua kelas sekaligus.

Kenyamanan dalam menerima materi pelajaran memang tidak sepenuhnya dirasakan. Jika satu ruangan dibagi dua kelas maka bisa dibayangkan bahwa keramaian akan terjadi. Pada masing – masing sekolah yang ada di Desa Lapa Taman tidak semuanya mempunyai siswa yang banyak. Jumlah siswa dalam satu kelas hanya 5 orang meskipun tidak semuanya. Pilihan untuk melanjutkan ke sekolah manapun memang suatu pilihan bagi siswa dan orang tuanya namun hak mendapatkan pendidikan yang layak adalah milik semua orang salah satunya adalah anak – anak di Desa Lapa Taman.


Comments

Popular posts from this blog

Cemara Udang dan Bonsai

Sejarah dan Asal-Usul Desa Lapa Taman